Sambutan untuk Pembukaan Acara Pertunjukan Kolaborasi Wayang Indonesia-Malaysia-Philippina

Yang saya hormati Bapak-bapak,Ibu-ibu para sesepuh pewayangan Indonesia, dan hadirin sekalian khususnya anak-anak, generasi muda pencinta wayang,

Salam sejahtera bagi kita semua,
Assalamualaikum. Wr. Wb.

Sebenarnya kalau pertunjukan yang sudah professional seperti nonton Opera di Broadway-New York, Evita Peron di London dan lain-lain negara maju, umumnya tidak pakai pidato. Tetapi, karena Teater Wayang Indonesia ini masih dalam tahap awal dan konsolidasi-kadang-kadang mencari bentuk, maka sepatah dua patah kata seperti ini masih perlu diberikan. Dan pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan sedikit perkembangan yang perlu 

Bapak-bapak, Ibu-ibu dan hadirin semua ketahui. 
Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (SENA WANGI), tentunya didukung PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia) telah bekerja keras agar wayang Indonesia itu terus mendunia, apalagi setelah mendapat penghargaan/award dari badan PBB-UNESCO; bahwa wayang Indonesia itu merupakan warisan budaya dunia. SENA WANGI terus bekerja keras agar penghargaan berkelas dunia itu tidak dicabut kembali, apabila Pewayangan Indonesia terus tidur - tidak ada kegiatannya. Dengan telah terbentuknya APA (ASEAN Puppetry Association). Kegiatan pewayangan kita telah mempunyai jaringan organisatoris yang resmi. Bukan organisasi yang kasak-kusuk tidak berbadan. Regional, dan dari waktu ke waktu APA makin solid dan diperhitungkan eksisitensinya? Apa buktinya?: 

ASEAN Foundation secara berkala dan routine telah memberikan dukungan kepada kegiatan pewayangan antar negara anggota ASEAN. Kita telah mulai memanfaatkan jaringan yg makin erat antara sesama organisasi pewayangan di ASEAN. Contoh yangg cukup fundamental: kita telah berhasil memperkenalkan wayang Indonesia/diwakili Wayang Menak ke Brunei Darussalam, yang pada awalnya terasa sulit untuk ditembus. Bukti lain, hari ini kita mendatangkan group pewayangan dari Malaysia.dan Philippina. Hanya dengan cara telepon, kirim E-mail dan SMS yang relatif cukup mendadak, tapi karena antar sesama anggota APA (ASEAN Puppetry Association) sudah saling mengenal maka dengan pemberitahuan mendadakpun dapat mereka penuhi untuk hadir di Gedung Pewayangan Kautaman ini. 

Untuk tidak berpanjang lebar, marilah kita nikmati Pertunjukan Kolaborasi Wayang Indonesia-Malaysia-Philippina! Selamat menyaksikan. Enjoy the performance! 

No comments:

Post a Comment